Halaman

Senin, 19 Maret 2012

search engine non lokal & lokal


Search engin ato sering kita kenal mesin pencarian adalah suatu portal yang dikemas khusus untuk mencari info berkas yang kita butuhkan dalam dunia maya. Untuk mencari informasi yang kita butuhkan awalnya kita masuk ke alat mesin pencarian.

Mesin pencarian bekerja dengan mengcopy paste halaman website yang ada di dunia maya dengan program pengolahan algoritmamya sendiri. Saat pengunjung mencari data yang dibutuhkan, algoritmanya menyaring data dan menampilkan apa yang kita cari.
Mungkin beberapa dari kita hanya mengenal search engin itu google dan yahoo saja, namun sebenarnya banyak sekali search engin dalam dunia maya ini. Disini saya akan mereview sedikit search angen lokal dan non lokal yang saya ketahui. Kita mulai dari non lokal dulu,,,

1. google
diluncurkan pada tahun 1997 menantang search engin yang sudah ada seperti yahoo.
Namun disaat persaingan yang semakin ketat google tumbuh dengan pesat dan cukup diperhitungkan di dunia. Dengan kecanggihan yang dimilikinya, google memfilter setiap artikel mulai dari judul, isi, bahkan gambarnya sehingga menampilkan dengan cepat apa yang kita cari dengan tepat.
Dari mana sih google bisa menghasilkan uang??? Dengan advertising google mendapatkan uang untuk menjalankan bisnis mesin pencariannya.



2. yahoo
Sama halnya dengan google, yahoo merupakan mesin pencarian yang begitu populer dan disegani. Pada massanya kejayaannya yahoo menjadi pemimpin mesin pencarian sebelum tergeser oleh google.
Suatu kekurangan yang dimiliki yahoo, tampilannya begitu rumit terlalu banyak widget pada dinding webnya, tidak halnya dengan google yang begitu minimalis.
Dengan advertising, perdagangan, dan usaha kecil yahoo mendapatkan pemasukan.
Banyak fitur yang terintegrasi dengan yahoo yang banyak orang gunakan salah satunya yahoo mail.


3. Bing
Bing diciptakan oleh pembuta Os terkemukan microsoft dan merupakan gabungan dari mesin pencarian terdahulu untuk menyaingi ketenaran google. Dengan teknologi PowerSet, microsoft menjanjikan keakuratan dalam menampilkan informasi yang kita cari.
Tampilan yang disajikan Bing cukup sederhana dan terdapat background yg berubah tiap saat. Tidak hanya itu Bing mempunyai beberapa fitur yang cukup bersaing dengan google.
Sama halnya dengan google dan yahoo, Bing mendapatkan pemasukan dari pengiklanan.


4. Aol
Awalnya Aol merupakan perusahaan american online. Aol melayani penyelenggaraan jasa internet yang berbagai perusahaan di dunia dan mempunyai 30 juta pengguna.
Tampilan yang disajikan Aol hampir sama dengan yahoo dipenuhi opsi dan widget yang memusingkan. Dan data yang disajikan kurang selengkap yang dimiliki pesaing lainya.





5. Baidu
Mungikn banyak yang kurang kenal bahkan tidak tahu, mesin pencarian baidu.
Apa sih baidu itu,,?? Siapa sih baidu itu,,,
Baidu merupakan mesin pencarian local cina yang diciptakan untuk menggantikan google di daratan cina yang di blokir oleh pemerintah, sehingga muncullah baidu.
Nah baidu ini begitu unik karena tampilannya hampir mirip dengan google zaman dulu, yang begitu ringkas.
Kalau ditanya kecanggihannya mungkin kalah jauh dengan pesaing lainnya, karena baidu mempuinya filter yang direapkan pemerintah cina, sehingga artikel yang ada di dunia maya cukup sedikit.

Di atas itu merupakan mesin pencarian non lokal yang kita ketahui. Namun jangan salah loohhh,,, ternyata kita juga punya mesin pencarian local/ buatan anak bangsa,,,
Mari kita mulai,,,

1. nowgoogle
Merupakan salah satu mesin pencarian buatan anak bangsa yang cukup baik karena nowgoogle mempunya multiple search engine yang tidak dimiliki search engine mana pun bahkan rajanya sekalipun.
Dengan adanya fitur tersebut kita kita tidak perlu lagi masuk bulak balik membuka alamat search engine. Tampilan yang disajikan Indonesia banget dengan menampilkan bangunan khas budaya kita.


2. findtoyou
Ini juga mesin pencarian local buatan anak bangsa yang mempunya kek khasan tersendiri dalam tampilannya. Tidak jauh berbeda dengan nowgoogle, namun dia menampilkan category di bawah kotak pencarian. Fitur yang disajikan lumayan lengkap meski tidak selengkap search engine non local. Namun cukup menarik untuk di coba,,,,





3. updatebanget
Updatebanget.com disajikan untuk memenuhi kehausan pengguna internet khususnya Indonesia. Dimana kita bisa menggunakan mesin pencarian local punya.
Tampilan yang di paparkan begitu minimalis dengan adanya berita yang yang disajikan cukup update. Namun hal yang mengusik mata ini tampilannya hampir sama dengan Bing.



Dari semua mesin pencarian yang saya review, semua itu mempunya keunggulan dan kekurangan tersendiri. Mesin pencarian local kalah dengan non local karena factor modal/keuangan dan masih banyaknya yang tidak tahu dengan mesin pencarian local itu sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar